Jumat, 16 Januari 2015

Gundala Putra Petir


Gundalah merupakan karakter dari tokoh komik bernama Hasmi. Komik Gundala Putra Petir ini dirilis pada tahun 1969.
Jelas ada pengaruh superhero Amerika pada sosok Gundala ini. Baik itu lewat desain karakter maupun jenis kekuatannya. Sang pencipta pun nggak membantah, bahwa ia terinspirasi The Flash.
"Iya betul. Cuma kalau Flash saya kurang sreg, jadi ini saya ciptakan yang menurut saya kecepatannya masih masuk akal nggak secepat cahaya." tutur Hasmi, ditemui saat jumpa pers film Gundala.
Yang menarik adalah lokasi cerita berpusat di Yogyakarta, kebetulan Tanah kelahiran Hasmi. Berawal dari seorang peneliti jenius bernama Sancaka. Dia menemukan serum antipetir. Karena keasyikan menemukan penemuannya, dia sampai lupa hari ulang tahun kekasihnya. Alhasil, hubungan mereka putus. Sancaka yang patah hati pun galau. Dia berlari di tengah hujan deras, dan petir menyambar. Dalam keadaan koma, dia ditarik sebuah kekuatan dari planet lain dan diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz.
Jadilah ia diberkati kemampuan super. Mampu memancarkan gledek dari telapak tangannya. Raja Taifun dari kerajaan Bayu pun memberinya kekuatan lari secepat angin.
Sejak saat itu, pada waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan berpakaian hitam ketat dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya terlihat mata dan mulutnya, di sisi topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar